Jika Tahu Penyebab Wasir, Anda Bisa Mencegahnya Sebelum Terjadi

Jika Tahu Penyebab Wasir, Anda Bisa Mencegahnya Sebelum Terjadi

 Wasir Ambeien Sembuh Tanpa Operasi Pengalaman Nyata
Wasir tidak muncul begitu saja. Sebaiknya Anda mengenali dulu apa itu wasir, penyebabnya, solusi pencegahan dan pengobatan, serta kapan harus ke dokter. Karena menderita wasir, sangatlah tidak nyaman.

Apa Penyebab Wasir?

Wasir atau hemorrhoid terjadi karena ada pembengkakan vena pada kanal anus, yang disebabkan oleh tekanan besar pada vena di daerah pelvis dan rektum. Pembengkakan vena bisa terjadi pada bagian dalam kanal anus (wasir internal) atau dekat pembukaan dubur (wasir eksternal). Hampir semua orang pernah mengalami wasir dalam hidupnya, tanpa mereka sadari.

Biasanya jaringan di sekitar anus berisi darah demi membantu proses BAB. Jika Anda mengejan terlalu keras karena konstipasi, atau duduk terlalu lama pada kloset karena diare, dapat menyebabkan jaringan sekitar anus membengkak. Wanita hamil sering menderita wasir karena bertambahnya tekanan pada pembuluh darah pada daerah pelvis. Apabila masalah wasir saat hamil tidak segera ditangani, dapat memburuk saat proses kelahiran nanti.

Solusi Pencegahan dan Pengobatan

Terdapat banyak obat jual-bebas yang dapat menurangi rasa sakit akibat wasir. Namun ada beberapa terapi alami yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi nyeri wasir, antara lain:
  • Rendam bagian bokong Anda dalam air hangat (45 derajat C) selama 10 sampai 15 menit sebanyak dua sampai tiga kali sehari.
  • Selalu menjaga kebersihan daerah dubur Anda.
  • Jangan gunakan tisu kering apabila tidak ada air. Disarankan untuk menggunakan tisu basah yang bebas alkohol atau parfum.
  • Kurangi bengkak pada anus dengan menggunakan kompres es.
  • Agar Anda tidak perlu mengejan saat BAB, perbanyak konsumsi serat Anda.
  • Kapan harus periksa dokter?
  • Jangan selalu menganggap darah yang keluar saat BAB adalah wasir. Darah yang keluar saat BAB juga menjadi tanda dari adanya masalah dengan pencernaan. Disarankan untuk segera periksa diri ke dokter apabila ada tanda-tanda darah saat BAB.

Mereka yang menderita anemia sangat disarankan untuk periksa diri ke dokter apabila ada tanda wasir, untuk mencegah kekurangan sel darah merah. Walau cukup jarang, komplikasi yang dapat timbul dari wasir yang tidak diobati dengan benar, adalah penyumbatan darah yang menyebabkan matinya jaringan pada anus sehingga terjadi gangrene (jaringan membusuk).

 
Wasir Ambeien Sembuh Tanpa Operasi Pengalaman Nyata
wasirambeiensembuhtanpaoperasi.blogspot.co.id Created By Wasir Ambeien | Inspiring By Wasir